Tips Mengatasi Mencret Pada Kelinci


Mencret pada kelinci biasanya disertai dengan kembung pada perut kelinci, atau jika tidak diobati maka kelinci tersebut bisa mati dalam keadaan kembung. Peternak Kami pernah bercerita bahwa ada kelinci seorang peternak yg mati karena perutnya pecah, perutnya kembung namun tidak diobati. Mungkin bukan 100% salah peternak tersebut, karena penyakit ini memang susah2-gampang untuk dideteksi. Walau susah untuk dideteksi, tapi bukan berarti tidak ada tanda tandanya sama sekali, berikut tanda tanda kelinci yg sedang kembung/mencret/masuk angin.

Tidak bisa/malas berdiri, kalaupun berdiri biasanya membungkuk, sama seperti manusia yang sedang mules/masuk angin. Karena menahan sakit, biasanya kaki depanya diselonjorkan kedepan terus agar kaki kelinci tersebut tidak menyentuh bagian perutnya yang sedang sakit. Hal inilah yang menyebabkan kelinci tersebut enggan dan sulit untuk berdiri, Mata sayu, Kelinci menjadi kurang aktif , Gigi “gemeretek”/bergesek2kan sehingga menimbulkan bunyi. Hal ini karena kelinci sedang menahan sakit , Kelinci haus terus , Kotoran kelinci tidak padat/seperti gell .

Penyebab mencretnya kelinci juga bisa diliat dari kotoran/feses kelinci tersebut. Kotoran berwarna ijo, dan seperti jelly, penyebab : Terlalu banyak serat/sayuran hijau yg tidak diimbangi dengan lemak, protein, dll(serat > 22%). Pengobatanya kelinci diberi hay(sayur yg sudah dilayukan)

Kotoran berwarna gelap, encer : Ada dua kemungkinan, kemungkinan pertama warna gelap berasal dari darah. Pengobatanya harus dengan antibiotik. Kemungkinan kedua kelinci terserang karena terserang bakteri seperti E.colli. Biasanya kelinci hanya bisa bertahan 1-3 hari saja. Penangananya harus cepat dengan memberikan antibiotik yg dapat dibeli di dokter hewan.

Tidak seimbangnya antara serat, protein, lemak dan gizi lainya pada pakan kelinci,..nah sekarang Kita semakin sadar kan akan pentingnya pelet.

Kotornya lingkungan kandang, sehingga bakteri masuk ke dalam tubuh kelinci melalui udara/makanan

Angin malam

Cuaca yg kurang baik

Berganti2 makanan secara drastis

Rekomendasi obat kelinci :

Mencret : Intertrim LA ( Suntik ) or Intertim Oral ( Product : Interchemie Holland )

Kembung : Permenthyl 5% atau Enroten ( TMC )

Pisahkan kelinci yang mencret

Singkirkan pakan rumput dan gantikan dengan pakan konsentrat ( pur khusus kelinci ) atau dengan Hay ( rumput kering )

Beli antibiotik Metronidazol 500 mg, obat ini termasuk obat generik jadi harganya sangat murah dan mudah didapat di apotik terdekat atau kalau tidak ada bisa pakai juga antibiotik enrofloxacin atau Oxytetraciclyn. saya biasa menggunakan item yang pertama karena yang kedua dan ke tiga agak susah dicari ditempat saya.

Satu tablet dibagi empat ( 1/4 tablet ) untuk anakan dan dibagi tiga ( 1/3 tablet ) untuk indukan.

Kemudian 1/4 tablet di gerus ( dihaluskan ), dan dituangkan ke sendok teh ( jangan sedok makan terlalu besar susah masuk ke mulut kelinci ) lalu dicampur air matang sampai penuh permukaan sendok dan diaduk sampai merata lalu pegang kelinci dan masukan kemulut kelinci secara berlahan dan lakukan sehari 2 kali sampai kotoran kelinci normal kembali rata- rata 1 – 2 hari sudah sembuh

Agar kelinci tetap sehat, jaga kebersihan kandang, ventilasi udara dan usahakan kena sinar matahari pagi agar bakteri atau jamur tidak bisa berkembang biak.

Satu hal yang tidak kalah penting hindari kelinci kena angin secara langsung apalagi angin sewaktu hujan. usahakan kandang tertutup rapi

Mulai sekarang Siapkan obat mencret khusus kelinci agar anda tenang karena mencret adalah penyakit yang paling sering terjadi pada kelinci

Ramuan Herbal

3 pupus daun jambu klutuk

3 pupus daun delima

pupus daun pisang secukupnya

Garam sepucuk sendok teh

Madu satu sendok teh

Bisa dengan 1 tetes propolis dioleskan ke mulutnya

Semua ramuan diatas kecuali garam&madu ditumbuk halus dan diperas untuk diambil airnya.campurkan sedikikt air hangat dan madu minumkan kekelinci secara oral untuk lebih mudahnya juragan bisa pake pipet,jarum suntik(tanpa jarum) atau sendok.kelinci dalam keadaan sakit seperti ini tentunya malas untuk makan jadi juragan harus semaksimal mungkin memasukan makanan.(ramuan tersebut diatas mungkin bisa menyembuhkan,mungkin tidak.tapi tidak beresiko)

Daun Pisang dan atau Daun Pepaya

Daun Pisang dapat Mengatasi Mencret pada Kelinci Penyakit mencret merupakan penyakit yang sangat berbahaya, apabila sudah parah kelinci dapat mengalami kematian. Penyakit ini disebabkan bisa karena keadaan pakan yang tidak baik, yaitu pakan dalam keadaan yang basah langsung dikasihkan ke kelinci atau bisa juga kosentrat yang terlalu banyak mengadung air misalnya dedak dan ampas tahu, untuk mengatasinya pakan diganti dengan pelet.

Daun pisang yang memiliki serat yang tinggi berguna untuk mengatasi mencret terutama untuk kelinci. Sistem pencernaan pada kelinci tidak sempurna karena tidak memiliki lambung, jadi apabila makanan masuk akan langsung menuju usus, dan jika makanan tersebut mengandung air yang berlebihan mengandung serat yang sedikit mengakibatkan usus tidak mencerna dengan sempurna yang pada akhirnya fesesnya berbentuk cair. Jadi kalau kelinci mengalami mencret yang belum parah, langsung kasih dau pisang untuk menetralkan proses di dalam usus dan untuk mempelanjar sistem pencernaan pada kelinci bisa juga menggunakan daun pepaya.

(Dari berbagai sumber)

 

About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under PETERNAKAN

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s