Manfaat Buah Pisang


Pisang memiliki berbagai manfaat baik buah atau bagian-bagiannya. Selain dikonsumsi segar pisang juga digunakan sebagai bahan baku makanan olahan. Pisang masak mengandung gizi yang cukup tinggi dan lengkap serta berkhasiat obat. Dalam setiap 100 gram jantung pisang segar mengandung 31 kal. Kalori, 1,2 protein, 0,3 g lemak, 7,1 karbohidrat, 3,00 mg kalsium, 5,00 mg fosfor, 0,1 mg zat besi, 170,0 SI Vitamin A, 0,05 mg vitamin B, 10,0 mg vitamin C, dan 90,2 g air.

Pisang yang masak didalamnya terdapat serotonin yaitu bahan kimia yang menghambat pengeluaran asam hidrokhlorik yang berlebihan didalam perut sehingga berfungsi untuk pengobatan gangguan pencernaan tukak lambung. Pisang juga berkhasiat bagi penderita campak, hepatitis, tuberkolosis dan radang tonsil yaitu dengan cara pisang yang sudah dilumat halus dicampur 1 gelas air kelapa muda dan sedikit madu kemudian disaring airnya untuk diminum.

Pisang dapat mengobati sembelit, wasir berdarah, sariawan dan tidak dapat tidur. Cara pengobatannya dengan memakan sebuah pisang dan minum segelas susu setiap malam. Demikian halnya bintil-bintil pada wajah, jerawat dan kerut-kerut kulit wajah dapat diobati dengan diolesi ramuan masker campuran buah pisang dan 1 sendok teh air mawar . Dilakukan 1 kali sehari selama 5 hari ..

Pisang juga dapat mengobati Bronkhitis kronis dengan cara memasukkan dua butir cengkih dan lima butir merica kedalam sebuah pisang dan dibiarkan semalam suntuk kemudian paginya dimakan secara kontinu selama dua minggu.

Air bonggol pisang batu / pisang klutuk dan kapok dapat dimanfaatkan sebagai obat penyembuh sakit desentri, pendarahan usus, memperbaiki pertumbuhan rambut dan untuk berkumur apabila sedang sakit amandel. Air batang pisang dapat juga untuk mengobati sakit kencing, panas dan penawar keracunan ataupun gigitan ular tertentu

Pisang selain dikonsumsi segar dapat diolah dengan cara digoreng, direbus, dibuat sale dan gaplek. Pisang dapat diolah menjadi tepung, keripik pisang dan puree. Export pisang dalam bentuk olahan yang sudah diperdagangkan diluar negri adalah keripik pisang. Bunga atau jantung pisang dapat dijadikan sebagai bahan makanan bergizi tinggi seperti lalap masak, diurap, pencampur pecal atau diolah menjadi abon jantung pisang.

Pisang setelah ditebang meninggalkan limbah berupa bonggol dapat dimanfaatkan untuk membuat sabun dan pupuk kalium. Batang semu pisang dapat dipergunakan sebagai pembungkus tembakau, dibuat tali atau dipotong-potong kecil sebagai bahan pakan ternak. Daun pisang didayagunakan untuk membungkus berbagai keperluan sehari-hari disamping dimanfaatkan juga sebagai pakan ternak.

Pisang abaca adalah penghasil serat untuk keperluan industri kertas, industri textile, bahan baku pembuat dolar yen. Bagian yang dipakai adalah batang luarnya. Batang pisang Abaca juga dapat diolah sebagai kain jok, popok bayi, pembungkus kabel, pembalut wanita, kertas teh celup dan bahkan peredam suara pesawat terbang.

Tinggalkan komentar

Filed under PERTANIAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s